Tips Menulis Surat Lamaran Pekerjaan Via Email "Terbaru!!!"

Menulis surat lamaran itu kebanyakan orang bisa dan banyak contoh seperti di internet maupun buku pedomannya, tapi menulis lamaran pekerjaan melalui email mungkin belum banyak yang tahu bahwa ada hal perlu anda perhatikan. Berikut tips menulis surat lamaran pekerjaan via email :




1. Alamat Email

Alamat email anda usahakan harus sesuai nama anda jangan "Alay", ini buat yang gk tau ( pura2 gk tau ya? ) alamat email "Alay"  aqcygdiacelalu@yahoo.com, coba anda sendiri yang baca gk enak banget kan pasti mau siapin ember mau muntah, hahaha. piiss bro !!!

2. Judul Email

Judul email, namanya juga judul pasti paling diatas "yaeyalah" becanda kok, baru no 2 serius amat bacanya :D . Gini maksudnya judul email usahakan harus jelas dan singkat sesuai pekerjaan yang akan anda kirim melalui email. Misalnya : "Lamaran untuk posisi manajer pemasaran". Itu cuma sebagai contoh saja, baca dengan baik iklan lowongannya. Sering kali mereka meminta anda menulis kode tertentu di judul atau subjek email anda.

3. Dimana Surat Lamaran Ditulis

Sering kali kita bingung apakah perlu menuliskannya di badan email atau di file tersendiri. Menurut pakar telematikan "wwuuiihhh" maksudnya menurut temen saya, hahhaa. temen saya yang bekerja di bidang recruiting sebuah perusahaan multinational, anda dapat menuliskan surat lamaran ( cover letter ) di badan email. Artinya, perusahaan tetap akan menerima surat lamaran anda dengan baik. Pengalaman mereka tidak, tidak ada perusahaan yang menolak lamaran yang suratnya dituliskan di badan email, tapi semua kembali ke rezeki masing-masing :D.

4. Bagaimana Dengan Resume

Jangan menulis resume anda di badan email, tulislah dalam file tersendiri dan jadikan sebagai lampiran anda.

5. Word, PDF, Atau Text

Biasanya perusahaan akan menuliskan pada iklan lowongan kerja jenis file yang bisa anda kirim. Walaupun umunya meminta file MS Word, terkadang mereka mengijinkan anda untuk mengirimkan file berformat pdf. Jika tidak disebutkan jenis file nya, kirimkan lamaran anda dalam format MS Word saja (.doc ).
File text ( .txt) lebih baik tidak digunakan karena pada saat dikirim dengan email, file tersebut terkadangmuncul di badan email. Ini terutama jika anda menggunakan email seperti Yahoo, Gmail, dan Hotmail.

6. Ukuran Email

Usahakan ukuran email anda tidak melebihi 300kb, "iya kalo 5mb kirim lagu aja :D". Ukuran email ini terutama dipengaruhi oleh ukuran file yang di attach. Oleh karena itu periksa besar file yaang anda lampirkan. Jika anda diminta menyertkan foto, jangan masukan file yang terlalu besar, perkecil ukurannya terlebih dahulu sebelum dilampirankan.

7. Email Signature

Email signature adalah text yang dituliskan secara otomatis oleh provider email anda. Signature ini bisa anda program sendiri. Adanya signature ini mengurangi kesan profesional anda pada lamaran anda.
Email web grtais seperti Yahoo! dan Hotmail menambahkan signature ini secara otomatis pada semua email yang anda kirim, sedangkan Gmail tidak.

8. Test Kirim

Untuk surat lamaran yang dikirim melalui email, selain melakukan proof read, anda juga perlu melakukan test pengiriman. Lakukan ini dengan mengirimkan email lamaran anda, lengkap dengan attachment nya ke email lain. Tentunya jangan kirimkan email percobaan tersebut ke email perusahaan yang anda tuju. Kirimkan saja ke email anda yang lain "jika ada" apabila belum ada buat email lain untuk percobaan anda.
Apa pentingnya langkah ini? sering kali format email yang anda kirim berubah setelah sampai di alamat emai lain, sehingga membuat anda terkesan tidak bisa mengetik dengan baik.


Demikianlah Tips Menulis Surat Lamaran Pekerjan Via Email, semoga bemanfaat.
Previous
Next Post »

Harap tinggalkan komentarnya yang relevan. ConversionConversion EmoticonEmoticon