10 Tips Untuk Mencegah Jerawat


1. Menjaga Wajah Anda Agar Tetap Bersih. 
Apakah Anda memiliki jerawat, penting untuk mencuci wajah dua kali sehari untuk menghilangkan kotoran, sel-sel kulit mati, dan minyak ekstra dari permukaan kulit Anda. Mencuci lebih sering lebih dari dua kali sehari belum tentu lebih baik, mungkin akan mengakibatkan gangguan pada wajah. Gunakan lah handuk hangat, tidak panas, air dan pembersih wajah ringan. Jangan menggunakan sabun yang keras (seperti sabun deodoran tubuh) bisa melukai kulit sudah meradang dan menyebabkan iritasi.
Hindari menggosok kulit Anda kasar dengan kain lap, pengelupasan sarung tangan, atau loofah (spons bertekstur kasar). Cuci dengan tangan yang bersih atau kain yang sangat lembut. Selalu bilas dengan baik, dan kemudian keringkan wajah Anda dengan handuk bersih. 

2. Melembabkan. 
Banyak produk jerawat mengandung bahan-bahan yang membuat kulit kering, jadi selalu gunakan pelembab yang meminimalkan kekeringan dan kulit mengelupas. Carilah "noncomedogenic" pada label, yang berarti tidak harus menyebabkan jerawat. Ada pelembab yang dibuat untuk kulit berminyak, kering, atau kulit kombinasi. 

3. Cobalah produk jerawat over-the-counter. 
Produk jerawat ini yang tidak memerlukan resep. Mereka mungkin memiliki bahan-bahan seperti benzoil peroksida, asam salisilat, asam glikolat, atau asam laktat, yang bakteri trotoar dan kering kulit Anda. Mulailah dengan jumlah kecil pada awalnya. Kemudian Anda dapat mengatur berapa banyak yang anda gunakan dan seberapa sering, tergantung pada seberapa banyak mengupas atau pengeringan yang anda miliki. Menggunakan produk ini dengan hati-hati jika Anda memiliki kulit sensitif.

4. Gunakan Makeup Secukupnya. 
Selama perawatan, hindari memakai alas bedak, bedak, atau blush on. Jika Anda memakai makeup, cucilah wajah anda segera. Jika memungkinkan, pilihlah kosmetik bebas minyak tanpa pewarna tambahan dan bahan kimia. Pilih makeup yang diberi label sebagai "noncomedogenic," yang berarti tidak harus menyebabkan jerawat. Membaca daftar bahan pada label produk sebelum membeli. 

5. Perhatikan apa yang Anda Pakai pada rambut Anda. 
Hindari menggunakan wewangian, minyak, minyak rambut, gel atau pada rambut Anda. Jika minyak tersebut menempel di wajah Anda, mereka dapat memblokir pori-pori kulit Anda dan mengiritasi kulit Anda. Gunakan sampo lembut dan kondisioner. Rambut berminyak bisa menambahkan minyak pada wajah Anda, sehingga cucilah rambut anda dengan sampo. 


6. Jauhkan tangan Anda dari wajah Anda. 
Hindari menyentuh wajah atau menyangga pipi atau dagu di tangan Anda. Tidak hanya dapat Anda menyebarkan bakteri, Anda juga dapat mengiritasi kulit wajah yang sudah meradang. Jangan memilih atau pop jerawat dengan jari, karena dapat menyebabkan infeksi dan jaringan parut.

7. Hindari Panas Terik Matahari. 
Sinar ultraviolet matahari dapat meningkatkan peradangan dan kemerahan. Beberapa obat jerawat dapat membuat kulit Anda lebih sensitif terhadap sinar matahari. Batasi waktu Anda di bawah sinar matahari, terutama antara jam 10:00 dan 14:00, dan mengenakan pakaian pelindung, seperti baju lengan panjang, celana, dan topi bertepi lebar. Apakah Anda memiliki jerawat atau tidak, selalu menerapkan tabir surya dengan SPF 30 atau lebih tinggi setidaknya 20 menit sebelum paparan sinar matahari. Carilah "noncomedogenic" di label tabir surya untuk membuat jerawat baru kecil kemungkinannya. Membaca bahan-bahan pada label produk untuk mengetahui apa yang Anda meletakkan pada kulit Anda.

8. Pakan kulit Anda. 
Kebanyakan ahli setuju bahwa makanan tertentu, seperti cokelat, tidak menyebabkan jerawat. Namun, masuk akal untuk menghindari berminyak makanan dan junk food dan menambahkan lebih banyak buah segar dan sayuran dan biji-bijian untuk diet Anda. 

9. Olahraga Teratur. 
Olahraga teratur baik untuk seluruh tubuh Anda, termasuk kulit Anda. Ketika Anda berolahraga, hindari memakai pakaian atau menggunakan peralatan latihan yang menggosok kulit Anda dan dapat menyebabkan iritasi. Shower atau mandi tepat setelah berolahraga.

10. Hindari Stres 
Beberapa studi menghubungkan stres dengan tingkat keparahan jerawat atau jerawat. Tanyakan pada diri sendiri apa yang membuat Anda merasa stres.Kemudian mencari solusi.
Jika ragu, periksa dengan dokter kulit untuk melihat jika Anda membutuhkan lebih pengobatan untuk mencegah atau menghentikan jerawat. 

Previous
Next Post »

2 comments

Click here for comments
FAHRUDIN S
admin
November 20, 2014 at 2:55 PM ×

Kalo wajah ane berminyak gan sering jerawatan. solusinya gmana ya?

Reply
avatar
Unknown
admin
November 20, 2014 at 7:13 PM ×

coba ikuti cara di atas gan

Reply
avatar

Harap tinggalkan komentarnya yang relevan. ConversionConversion EmoticonEmoticon