10 Tips untuk Meningkatkan dan Menjaga Kesehatan Pencernaan Anda

Kesehatan pencernaan Anda secara langsung dipengaruhi oleh makanan yang Anda makan dan gaya hidup yang Anda jalani. Dengan mengambil langkah-langkah untuk meningkatkan kesehatan pencernaan Anda, sistem pencernaan Anda akan berfungsi lebih efisien, meningkatkan kesehatan Anda secara keseluruhan dan rasa kesejahteraan.
meningkatkan dan menjaga pencernaan anda



Cobalah 10 tips untuk kesehatan pencernaan Anda lebih baik:
1. Makan diet tinggi serat. Menurut Maria Adams, MS, MPH, RD, seorang ahli diet terdaftar di Marblehead, Mass., mengkonsumsi diet yang tinggi serat dan kaya biji-bijian, sayuran, kacang-kacangan, dan buah-buahan dapat meningkatkan Anda kesehatan pencernaan. "Diet tinggi serat membantu untuk menjaga makanan bergerak melalui saluran pencernaan Anda, membuat Anda kurang kemungkinan untuk mendapatkan sembelit," kata Adams, menambahkan bahwa diet tinggi serat juga dapat membantu Anda mencegah atau mengobati berbagai kondisi pencernaan, seperti diverticulosis, wasir, dan sindrom iritasi usus besar. Selain itu, dapat membantu Anda mencapai atau mempertahankan berat badan yang sehat.
2. Makan sesuai jadwal. Adams mengatakan bahwa mengkonsumsi makanan dan makanan ringan pada jadwal teratur dapat membantu menjaga sistem pencernaan Anda dalam keadaan prima. Bertujuan untuk duduk untuk sarapan, makan siang, makan malam, dan makanan ringan di sekitar waktu yang sama setiap hari.
3. Batasi makanan yang tinggi lemak. "Secara umum, makanan berlemak cenderung memperlambat proses pencernaan, membuat Anda lebih rentan terhadap sembelit," kata Adams. Tapi karena itu adalah penting untuk mendapatkan beberapa lemak dalam diet Anda, Adams mengatakan bahwa pasangan makanan berlemak dengan makanan tinggi serat dapat membuat mereka lebih mudah pada sistem pencernaan Anda
4. Dapatkan larut dan serat larut. Hal ini penting untuk mengkonsumsi kedua jenis serat, yang masing-masing membantu sistem pencernaan Anda dengan cara yang berbeda."Serat larut, juga dikenal sebagai serat, tidak dapat dicerna oleh tubuh dan karena itu membantu menambahkan massal ke bangku," kata Adams. "Serat larut dalam air dan menarik dapat membantu mencegah kotoran yang terlalu encer." Sumber yang baik dari serat larut termasuk dedak gandum, sayuran, dan biji-bijian; mendapatkan serat larut dari oat bran, kacang-kacangan, biji-bijian, dan kacang-kacangan.
5. Pilih daging tanpa lemak. Protein merupakan bagian penting dari diet yang sehat, tetapi potongan lemak daging dapat menyebabkan pencernaan tidak nyaman. Ketika Anda makan daging, pilih potongan ramping, seperti babi pinggang dan unggas tanpa kulit.
6. Memasukkan probiotik dalam diet Anda. Probiotik adalah bakteri sehat alami terdapat dalam saluran pencernaan Anda. "Mereka membantu menjaga tubuh sehat dengan memerangi efek dari pola makan yang buruk, antibiotik, dan stres," kata Adams. Selain itu, probiotik dapat meningkatkan penyerapan nutrisi, membantu memecah laktosa, memperkuat sistem kekebalan tubuh Anda, dan bahkan mungkin membantu mengobati sindrom iritasi usus besar. Adams merekomendasikan bahwa orang makan sumber baik probiotik, seperti yoghurt rendah lemak atau kefir, setiap hari.
7. Tetap terhidrasi. Minum banyak air yang baik untuk kesehatan pencernaan Anda, menurut Adams. Air dalam sistem pencernaan Anda membantu melarutkan lemak dan serat larut, yang memungkinkan zat ini melewati lebih mudah.
8. Lewati kebiasaan buruk: Merokok dan menghindari kafein dan alkohol yang berlebihan. Liquor, kopi, dan rokok dapat mengganggu fungsi sistem pencernaan Anda, dan menyebabkan masalah seperti sakit maag dan sakit maag.
9. Berolahraga secara teratur. "Olahraga teratur membantu menjaga makanan bergerak melalui sistem pencernaan Anda, mengurangi sembelit," kata Adams. Dan olahraga dapat membantu Anda mempertahankan berat badan yang sehat , yang baik untuk kesehatan pencernaan Anda.  Membuat sebuah titik untuk bekerja olahraga teratur dalam jadwal mingguan Anda.
10. Mengelola stres. Terlalu banyak stres atau kecemasan dapat menyebabkan sistem pencernaan Anda untuk pergi ke overdrive, menurut Adams. Cari kegiatan mengurangi stres yang Anda nikmati dan praktek mereka secara teratur.
Previous
Next Post »

Harap tinggalkan komentarnya yang relevan. ConversionConversion EmoticonEmoticon