10 Manfaat Penting Buah Jeruk Bagi Kesehatan

Pohon-pohon jeruk adalah pohon buah yang paling dibudidayakan di dunia. Jeruk adalah buah populer karena rasa manis alami mereka, berbagai jenis dan keragaman kegunaan - dari jus dan marmalades untuk menghadapi masker dan irisan jeruk manisan.

Jeruk memiliki lebih dari 170 phytochemical yang berbeda dan lebih dari 60 flavonoid, banyak yang telah terbukti memiliki sifat anti-inflamasi dan efek antioksidan yang kuat. Berikut adalah 10 manfaat kesehatan yang bisa Anda peroleh dengan mengonsumsi jeruk.

Manfaat Dari Buah Jeruk Bagi Kesehatan

# 1 Meningkatkan kekebalan Tubuh

Jeruk merupakan sumber vitamin C. Satu jeruk berukuran sedang dapat memenuhi sekitar 72% dari kebutuhan harian Anda untuk vitamin C. Karena vitamin C memainkan peran penting sebagai antioksidan dengan melindungi tubuh Anda terhadap kerusakan yang disebabkan oleh radikal bebas yang dihasilkan dalam tubuh. Oleh karena itu mengurangi peradangan dalam kondisi terkait kekebalan seperti rheumatoid arthritis dan osteoarthritis. Meskipun diperdebatkan, peneliti menyarankan bahwa vitamin C juga berperan penting dalam memperkuat respon kekebalan tubuh, melindungi terhadap infeksi berulang umum lainnya flu dan batuk atau apapun.

# 2 Membantu mencegah penuaan kulit

Ada alasan mengapa jeruk yang populer digunakan dalam industri kecantikan. Beberapa produk kecantikan termasuk paket wajah, masker dan krim yang tersedia mengandung ekstrak jeruk sebagai bahan utama. Itu karena vitamin C hadir dalam jeruk juga membantu mencegah kerusakan kulit, dengan menghilangkan radikal bebas. Vitamin C, yang terlibat dalam sintesis kolagen, komponen penting untuk menjaga penampilan secara keseluruhan kulit dan tekstur, mencegah penuaan dini dan kerutan pada kulit. Selain vitamin C, jeruk dikemas dengan vitamin A yang membantu menjaga membran kulit yang sehat.

# 3 Melindungi mata

Vitamin A dalam jeruk membantu menjaga selaput lendir di mata. Tersedia dalam bentuk senyawa karotenoid seperti lutein, beta karoten dan zeaxanthin, vitamin A dapat melindungi degenerasi makula terkait usia, kondisi penglihatan yang berkaitan yang menyebabkan kebutaan. Selain itu juga memainkan peran penting dalam memungkinkan mata Anda untuk menyerap cahaya.

# 4 Membantu mencegah penyakit jantung

Ini adalah satu lagi manfaat kesehatan dari jeruk yang dikaitkan dengan tingkat vitamin C-nya. Radikal bebas yang dihasilkan selama berbagai reaksi yang terjadi pada sel-sel dapat memicu oksidasi kolesterol, menyebabkan molekul teroksidasi untuk agregat dan menempel pada dinding arteri. Hal ini menyebabkan membangun dari plak yang akhirnya memblokir arteri, menyebabkan serangan jantung, penyakit arteri koroner atau bahkan stroke. Vitamin C dalam jeruk menangani radikal bebas dan menetralkan mereka, sehingga memainkan peran dalam mencegah penyakit jantung. Selain mereka juga mengandung flavonoid seperti hesperidin yang menurunkan kadar kolesterol dan mencegah arteri tersumbat

# 5 Membantu perkembangan otak

Folat / asam folat atau vitamin B9 hadir dalam jeruk mempromosikan perkembangan otak dan menjaga organ vital dalam kondisi buruk. Bahkan, nutrisi ini juga membuat jeruk yang sehat untuk di konsumsi wanita hamil karena mencegah bayi dari memiliki gangguan neurologis nanti. Jeruk juga mengandung fitonutrien yang disebut polifenol yang berperan dalam pengembangan pembelajaran dan memori fungsi otak.

# 6 Membantu mencegah kanker

Jeruk mengandung senyawa yang disebut D - limonene yang telah terbukti memainkan peran penting dalam mencegah berbagai jenis kanker seperti kanker paru-paru, kanker payudara, kanker kulit, dll Selain itu, antioksidan dan vitamin C membantu mempromosikan kekebalan tubuh yang membantu dalam melawan sel-sel kanker. Jeruk adalah buah yang sangat berserat, yang memberikan kontribusi untuk melindungi dari kanker. Sebuah penelitian mengungkapkan bahwa sekitar 10 sampai 15 persen dari kasus kanker usus besar yang disebabkan oleh mutasi pada DNA. Mutasi ini dapat dicegah dengan mengkonsumsi vitamin C kaya sumber seperti jeruk.

# 7 Mencegah sembelit

Jeruk merupakan sumber yang sangat baik dari serat larut dan tidak larut, yang membantu menjaga perut dan usus yang sehat dengan mencegah masalah seperti sindrom iritasi usus besar. Kandungan serat di dalamnya menambah massal untuk makanan dicerna dan mengurangi waktu transit feses, mencegah sembelit dan mengejan.

# 8 Meningkatkan kualitas sperma

Kematian tidak bisa dihindari, tetapi warisan kita dapat hidup melalui anak cucu kita. Antioksidan dan vitamin C hadir di sebagian besar buah-buahan, termasuk jeruk meningkatkan kualitas dan motilitas sperma Anda sehingga membuat Anda subur. Vitamin lain yang disebut asam folat juga merupakan nutrisi penting untuk menjaga sperma sehat yang dapat Anda peroleh dari jeruk. Hal ini juga melindungi sperma dari kerusakan genetik, yang mungkin menyebabkan cacat lahir.

# 9 Baik untuk penderita diabetes

Kandungan serat yang kaya jeruk memiliki kemampuan untuk menyimpan melacak kadar gula dalam tubuh, mencegah diabetes. Ini juga merupakan pilihan yang baik bagi mereka yang menderita diabetes. Juga layak disebutkan adalah bahwa jeruk yang baik memiliki rasa manis, dan karena penderita diabetes tidak boleh makan permen atau makanan manis lainnya, mereka bisa makan jeruk untuk selera mereka.

# 10 Mencegah rambut rontok

Jeruk memiliki tinggi kandungan vitamin C yang diperlukan untuk memproduksi kolagen yang, pada gilirannya, bertanggung jawab untuk menjaga jaringan di rambut Anda bersama-sama. Ada yang suka patch botak di kepala mereka, dan makan jeruk dapat memastikan bahwa Anda tidak harus berpisah dengan rambut indah Anda seperti yang Anda bertambah tua.

Demikianlah 10 manfaat dari buah jeruk. Semoga bermanfaat
Terima Kasih.
Previous
Next Post »

Harap tinggalkan komentarnya yang relevan. ConversionConversion EmoticonEmoticon